Friday 1 May 2015

Budidaya Kunyit

tanaman kunyit adalah salah saut tanaman obat yang berkhasiat banyak bagi tubuh terutama bagi kesehatan perut dan kekebalan tubuh kita. adapaun olah - olahan kunyit itu sering kita jumpai di toko - toko jamu adalah ramuan parem, selain itu banyak yang lain kegunaan kunyit dalam ramuan obat, karena kandungannya yang banyak berfaatnya. 

tanaman kinyit mudah sekali tumbuh terutama di daerah khatulistiwa, seperti negara indonesia ini, sehuingga karena mudah sekali tumbuh dimanapun berada pada lingkup daerah khatulistiwa, nilai ekonomi kunyit cukup murah, yaitu seharga 1000, rupiah per kilo basah. tetapi tempat yang paling disukai kunyit untuk hidup lebih subur adalah daerah yang berada di 400-800 km dpl. 

jika sobat tertarik, dan punya lahan yang banyak, bisnis kunyit dapat dilakukan dengan cara tumpangsari, yaitu dengan cara menananmya di bawah pohon naungan, seperti pohon pinus, sengon, lamtoro, sehingga menghasilkan dua keuntungan yaitu pohon naunga dan kunyit. yang tisak butuh perawatan yang rumit, yang dapat ditinggal untuk melakukan aktivitas yang lain.
bila sobat tertarik dengan bertanam kunyit, ikuti tis bertanam kunyit di bawah ini : 

A. Pembibitan
  • carilah benih kunyit dari indukan yang bagus, jangan cari indukan yang rusak atau terserang hama
  • potong - potonglah ruas kunyit tersebut menjadi beberapa bagian.
  • tempatkan bibit etrsebut pada tempat yang lembab, untukmempercepat pertumbuhan mata tunas bibit yang nantinya dijadikan bakal pohon.
B. Persiapan Lahan
  • siapkan lahan dengan cara membersihkan lahan dari rumput liar dengan cara mencabutinya atau menyemrotnya dengan roundap atau gramakson.
  • gemburkan tanah,  yang akan dijadikan penanaman benih nantinya,
  • tambahkan pupuk kandang secukupnya, sebagai dasaran nanti.
C. Penanaman
  1. tanamkanlah bibit yang sudah tumbuh tunasnya tersebut pada tanah yang sudah digemburkan tadi.
  2. dala membenamkan bibit, jangan terlalu dalam, benamkan secukupnya, sekira bisa tertutup tanah sedikit.
D. Perawatan
  • dalam perawatan kunyit tidak rumit, ketika melihat rumput disekitar kunyit sudah tinggi, diusahakan untuk di bersihkan, agar pertumbuhan kunyit lebih maksimal.
E. Pemanenan
  • pemanenan dalam dilakukan, ketika umur kunyit sudah mencapai sekita 9 bulan keatas, 
  • cici-ciri kunyit sudah siap untuk dipanen yaitu pohon kunyit sudah kering, tapi jang terlalu lama memanennya, karena kalau terlalu lama, batang kunyit tadi akan hilang dan sobat akan kesulitan dalam pemanenan nanti.
bagaimana sobat mudah bukan bertanam kunyit, tertarik mencoba, sekarang sobat sudah memperoleh teorinya, tinggal saja mempraktekkan, 

selamat mencoba,

No comments:

Post a Comment

Terimakasih Atas Kunjungan Anda

Baca Juga Artikel Ini :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...