Sunday 22 March 2015

Tips Budidaya Kunci Pepet




Kunci pepet merupakan tanaman jenis obat, kegunaan sebagai obat cukup banyak  salah satunya adalah obat untuk menambah nafsu makan, saat tubuh kurang sehat. Bentuk jenis tanaman ini hampir sama dengan kunir, tetapi kalau kunci pepet punya tekstur daun hijau tua dengan corak ungu pada daunnya.

Kunci pepet dapat tumbuh dngan baik pada tanah yang bertekstur gembur dan pada daerah sekitar 700 – 1000 km dpl. Pertumbuhan kunci pepet berlangsung cukup lama sekitar 8 bulanan.

Kunci  pepet merupakan komoditi yang banyak diserbu oleh supliyer besar untuk memenuhi kebutuhan pabrik jamu tradisional di indonesia dan luar negeri

Dalam budidaya tanaman ini, tergolong kategori mudah tetapi berpeluang bisnis yang baik, karena harga kunci pepet di petani mencapai 3000 – 3500rupiah per  kilonya, jika sudah berada pada tangan supliyer  harganya bisa mencapai 5000 rupiah per kilo.

Langsung saja ane uraikan budidaya tanaman kunci pepet ini, lihatlah uraian di bawah ini :

1. Siapkan benih pertanam , cukup ambil satu ruas kunci pepet

2. Sebelumnya, letakkan benih pada tempat yang lembab tunggu sampai tumbuh tunas yang baru

3. Dalam pemilihan bibit, usahakan per bibit terdapat tunas yang mempercepat pertumbuhan bibit

4. Persiapkan lahan dengan cara mencangkuli atau menggemburkan tanah.

5. Usahakan waktu penanaman bibit pada bulan desember jangan terlalu lama jaraknya sekitar bulan februari, karena pada bulan tersebut terdapat musim angin dan cuaca kurang begitu bersahabat. Kalau orang jawa menyebutnya dengan istilah “mongso wolu, lemah enek wisane

6. Setelah proses penanaman, langkah selanjutnya pemupukan bibit dengan pupuk kandang yang di taburkan pada pangkal bibit tanaman.

7. Tunggu sekitar 8 bulan kunci  pepet sudah siap untuk dipanen


Terimakasih telah membaca samapi selesai uraian artikel ane ini, semoga bermanfaat bagi sobat semua.

Terima kasih

No comments:

Post a Comment

Terimakasih Atas Kunjungan Anda

Baca Juga Artikel Ini :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...