Tuesday 24 March 2015

Tips Penataan Tanaman Tegalan Biar Efisien

    Ladang pekarangan di sekitar rumah merupakan tinggalan orang tua yang dihadiahkan kepada kita, supaya kita dapat mengolahnya dengan baik dan benar, serta efisien, sehingga dapat digunakan  untuk pemasukkan untuk mengisi dapur rumah kita guna kebutuhan sehari – hari.

   Tak bisa dipungkiri karena kemajuan zaman, banyak orang yang beralih kepada profesi lain yang lebih banyak menghasilkan pemasukkan, tapi kita jangan sampai melupakan tegalan kita. Banyak orang yang membiarkan lahannya tidak terawat, sehingga tidak ada pemasukkan tambahan yang bersumber dari lahan tersebut. Padahal dalam merawat sebuah lahan tidak harus setiap hari pergi ke tegalan tetapi dalam pengolahan lahan dapat kita tinggal sehingga  pekerjaan tersebut tidak mengganggu aktifitas kita yang lain. Dengan kata lain pekerjaan inti terurus tetapi kita juga punya pemasukkan yang bersumber dari hasil tegalan tersebut.

  Tips dalam mengolah lahan agar efisien peletakkannya, ane punya tips buat sobat pembaca, terutama bagi sobat yang tempat tinggalnya sama seperti ane di daerah pegunungan, adapun tipsnya sebagai berikut :

Tips Pertama :

Pada letak pinggir lahan tanamilah tanaman kayu besar, seperti Jati, Mahoni, Sengon Laut, Kembang. Dan Rambanan, Seperti Kaliandra, Ketela Karet.

Keuntungan :

1. Untuk batas lahan
2. Untuk penaung terik matahari
3. Panen cukup lama
4. Bagi sobat yang juga memelihara hewan ternak di rumah

Tips Kedua

Tengah lahan, tanamilah tanaman musiman, seperti Durian, Cengkih, Manggis, Kakao.

Keuntungan

1. dapat  dipanen setiap tahun
2. masa penen cukup lama
3. pemeliharaan tidak rumit

Tips Ketiga

di bawah pohon musiman tanamilah tanaman jenis pala wija dan sayuran, seperti : Kunyit, Laos,Lombok, Keningkir, Kunci Pepet, Kapulogo.

Keuntungan

1. Masa panen cepat tetapi perawatan ringan.
2. Lahan yang kosong dapat dimanfaatkan

    Dengan tips ini, lahan sobat akan efisien dalam penanaman, sehingga tidak ada lahan yang kosong, dan secara otomatis dapat sobat gunakan untuk pemasukkan tambahan buat mengurangi belanja dapur sobat.

   Demikianlah sobat pembaca setia semua, semoga tips dari ane ini dapat bermanfaat buat sobat semua,  AMIN



Terima Kasih

No comments:

Post a Comment

Terimakasih Atas Kunjungan Anda

Baca Juga Artikel Ini :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...