Saturday 2 May 2015

Bertanam Cengkeh Bagian (1)

Tanaman cengkeh merupakan salah satu tanaman rempah-rempah yang mempunyai nilai ekonomi tinggi di pasaran. bisa dibilang rempah-rempah yang paling mahal sendiri di variannya. bahkan orang - orang dari daerah belahan barat yaitu eropa, berbondong - bondong ke asia terutama di indonesia, hanya untuk mencari rempah - rempah guna untuk sebagai penghangat tubuh mereka saat musim dingin tiba. dalam cengkeh memiliki kandungan yang luar biasa yaitu minyak atsiri yang memilikibanyak sekali kegunaan baik untuk keguanaan kesehataan sampai untuk kebutuhan industri.
karena masa panen buah cengkeh yang terbilang cukup lama, yaitu setahun sekali dan banyak sekali industri membutuhkan pasokan cengkeh, berdasarkan hukum ekonomi, akan berimbas pada harga cengkeh yang melambung tinggi, di daerah saya hatga cengkeh cengkeh bisa mencapai 150 rupiah per kilo kering.

Tanaman cengkeh apabila sudah besar sekali panen bisa menghasilkan 1 kw, cengkeh basah, bisa dibayangkan bila sobat memiliki tanaman cengkeh 100 pohon dalam satu kebun,maka hasilnya bisa sobat kalikan sendiri,hehe,,,

Jenis tanaman cengkeh yang saya ketahui ada dua macam yaitu :

  • Cengkeh bertunas merah
    • Cengkeh ini memiliki keistimewaan lebih tahan hama 
  • Cengkeh bertunas putih
    • Cengkeh ini berciri tunasnya berdaun putih, tapi cukup rentan terkena penyakit.
Di desa saya kebanyakan cengkeh yang ditanamn adalah cengkeh yang bewarna merah. 
dalam budidaya cengkeh jika ingin mendapatkan hasil yang lebih maksimal tentunya harus memahamai tata cara budidaya tanaman cengkeh yang baik dan benar. dengan memepertimbangkan jenis bibit yang unggul dan pemeliharaan yang tepat dan benar.
dalam satu kali panen cengkeh bisa menghasilkan samapai 100 kg cengkeh basah. hasil ini bukan tidak mungkin sobat capai apabila sobat memperhatikan tata cara budidaya cengkeh yang baik dan benar.

Dengan memahami budidaya cengkeh yang baik dan benar, manfaat lain yang akan diperoleh adalah memperoleh hasil pohon cengkeh yang tahan terhadap penyakit dan hama. 
seperti yang terjadi di hampir seluruh daerah penghasil cengkeh di ponorogo, yang tertimpa musibah yaitu, hampir semua jenis cengkeh mati akibat serangan virus mematikan yang belum pernah terjadi sebelumnya, hala ini menjadi pekerjaan kantor bagi dinas pertanian, sehingga dari pihal dinas melakukan penelitian, virus apakah yang mambinasakan hampir semua tanaman cengkeh tersebut.
tanaman cengkeh bercirikan terserang oleh virus ini ketika sebagian dahan dari pohon daunnya kering, setelah itu, bisa dihitung hari tiba - tiba semua bagian pohon kering, dan akhirnya mati.

Hal ini sangat disayangkan, karena melihat pohon cengkeh yang sudah besar - besar yang apabila sekali panen raya dapat menghasilkan 100 kg cengkeh basah, padahal penanaman pohon cengkeh terbilang sangat rumit dan butuh ketelitian dalam merawatnya.selain itu membutuhkan waktu yang cukup lama hampir 5 tahun, untuk menanti tanaman cengkeh mulai berbuah orang jawa menyebutnya dengan istilah "gantali"

Tanaman cengkeh menyukai tempat yang bercuaca dingin atau tepatnya di daerah pegunungan, dengan curah hujan yang tidak terlalu tinggi, dan cengkeh sangat menyukai daerah yang memiliki ketinggian di bawah laut 700-900 km, dengan tingkat kegemburan tanah yang tinggi, dengan bercirikan tanah coklat agak kehitaman.

Dalam pemeliharaannya pun cukup rumit, karena cengkeh tidak tahan apabila sampai kekurangan air, apabila hal ini terjadi dapat berefek, cengkeh lambat laun akan layu dan akhirnya mati,
dalam kegunaannya hampir semua bagian dari cengkeh mempunyai nilai ekonomi karena memiliki manfaat masing- masing.seperti, bunga cengkeh dibutuhkan untuk kebutuhan industri rokok, dan minyak atsiri.

Bagaimana sobat tertarik untuk mencoba menanam  tanaman emas ini, langsung saja ikuti langkah menanam cengkeh pada artikel di bawah ini  :

Langkah - langkah budidaya cengkeh

No comments:

Post a Comment

Terimakasih Atas Kunjungan Anda

Baca Juga Artikel Ini :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...