Tuesday 28 April 2015

Bertanam Lengkuas


Lengkuas adalah tanaman jenis palawija, yang mudah tumbuh di daerah tropis. kegunaan rimpang lengkuas kebanyakan digunakan sebagai obat dan bumbu masakan jawa, lengkuas mempunyai cita rasa masakan tersendiri, yang membuat masakan lebih sedap bila diberi lengkuas sebagai tambahan bumbu.

Karena mudah sekali tumbuh di daerah tropis, menyebabkan nlai ekonomi lengkuas lebih murah, sekarang harga lengkuas sebanding dengan harga kunyit yang berkisar 1000 rupiah per kilo lengkuas basah.

Dalam pertumbuhannya lengkuas tidak membutuhkan perawatan yang rumit, dan masa pane lengkuas berkisar pada umur 1 tahun, dengan keumuman 1 dapur lengkuas bisa berbobot 8 - 10 kilo gram.

bagi sobat  yang tertarik dengan bertanam lengkuas di pekaranga sobat, alangkah baiknya sobat memperhatikan kriteria di bawah ini :

1. dalam menanam jangan pada tempat yang teduhatau lembab, karena laos lama tumbuh bila ditanam di tempat yang teduh

2. perhatikan struktur tanah, lengkuas menyukai tanah jenis liat

Gimana sobat, tertarik untuk mencobanya, lihat kiat - kiat dibaah ini :

1. siapkan n=benih yang diambil dari pohon lengkuas yang subur, dengan tanda punya tangkai yang tinggi dan gemuk,dengan ukuran setiap satu benih 1 pohon, jangan dipotong tangkai pohon lengkuas tersebut, untuk mempercepat pertumbuhan lengkuas nanti

2. sipkan lahan cukup dengan mencangkuli lahan yang di tanami dengan lengkuas.

3. beri pupuk secukupnya,

4. langkah terakhir tancapkan bibit lengkuas pada lubang yang disiapkan tadi.

Mudah bukan sobat tips dari anne  ini.

Selamat Mencoba

No comments:

Post a Comment

Terimakasih Atas Kunjungan Anda

Baca Juga Artikel Ini :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...