Saturday 7 June 2014

Budidaya Kapulogo

Tanaman kapulogo merupakan tanaman yang berjenis tanaman empon-empon seperti kunyit, jahe, laos, dan lain sebagainya. Tetapi bedanya buah dari tanaman kapulogo ini berada di atas tanah. Buah dari tanaman ini bentuknya bulat seperti melinjo. Rasa dari buah ini seperti mint yang apabila dikunyah/ dikecap. Yang sangat bagus untuk keshatan metabolism tubuh. Pohon dari kapulogo itu seperti tanaman laos, tanama ini dapat hidup pada daerah yang berada 500 M - 1000 M diatas permukaan laut.

Masa panen Kapulogo itu tidak mengenal musim, jadi pemanenan tergantung dari perawatan tanaman. Semakin bagus perawatannya maka semakin cepat dan bagus hasil panen dari tanaman kapulogo tersebut. Tetapi biasanya buah kapulogo dipanen 3 bulan sekali. Dengan hasil rata – rata 1 H tanah dapat menghasilkan 1 ton buah basah, dengan harga 1 kg 7000, maka setiap 3 bulan sekali dapat mengantongi uang kurang lebih Rp. 7.000.000.dengan prospek dari tanaman kapulogo ini yang menjanjikan ini menjadikan pilihan tanaman yang harus diperhatikan,
Cara penanaman kapulogo mulai dari pembenihan hingga panen
1.        Pembibitan dan penanaman
a.         Pembibitan tanaman kapulogo tidaklah sulit, cukup dengan mengambil tunas dari sebagian tanaman yang dapurannya banyak dengan tujuan untuk penjarangan tanaman juga
b.         Tancapkan ketanah yang sudah dilubangi dengan cangkul sedalam 20-30 cm lah pada waktu
c.         Bagi daerah yang kurang air tanamlah
2.        Perawatan
a.         Perawatan  tanaman kapulogo mudah – mudah sulit karena harus telaten membersihkan gulma disekitar tanaman. Dan memberi pupuk bila ingin hasil tanaman lebih bagus.
b.         Bila tanaman sudah bergerombol banyak, perlu adanya penjarangan guna agar bisa berbuah karena agar cahaya matahari bisa mengenai bunga guna untuk proses pembuahan.
3.        Pemanenan
a.         Proses pemanenan dilkukan setiap 3 bulan sekali atau sekira buah sudah mulai banyak segera dipanen, agar tanaman tidak rusak
b.         Dalam memanen buah jangan sampai disempeli, tetapi harus dipotong dengan pisau biar bunga yang masih muda bisa tetap tumbuh dan berbuah pada waktu seterusnya.
4.        Pemasaran
Penjualanan buah kapulogo bisa dijual dalam keadaan basah dengan harga 7.000 per KG atau mungkin dikeringkan dengan harga 40.000 per KG.
Demikianlah artikel ini, semoga bermanfaat bagi anda…!

Ingin pesan undangan super murah hubungi kami cukup klik disini.disini  

No comments:

Post a Comment

Terimakasih Atas Kunjungan Anda

Baca Juga Artikel Ini :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...